PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


10 May 2018 | 10:00

Hyaluronic Acid, Kandungan Ajaib yang Membuat Kulit Awet Muda

Hyaluronic acid dapat menghidrasi kulit dengan baik sehingga terasa lebih lembap dan kenyal.

Share:

Apa itu Hyaluronic Acid?

Hyaluronic Acid (HA), disebut juga hyaluronan atau hyaluronate secara alami ada di kulit di bagian dermis, berfungsi menjaga kekenyalan dan kelembapan alami kulit.

Cara Kerja Hyaluronic Acid

HA memiliki keunggulan yaitu mampu menahan air dan menjaga keseimbangan kadar air tetap ideal. Kapasitas HA untuk mempertahankan kelembapan sangat besar dibanding dengan zat lainnya. Penelitian menyebutkan, satu gram hyaluronic acid dapat mengikat hingga enam liter air. Nah, bayangkan saja bagaimana hyaluronic acid dapat menghidrasi kulit Anda dengan baik.

Sayangnya, seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh memproduksi HA secara alami menurun sehingga membuat kulit lebih mudah kering dan berkerut. Oleh karena itu, untuk tetap mendapatkan kelembapan yang diperlukan kulit, manfaat hyaluronic acid bisa didapat melalui penggunaan skincare dengan kandungan ini atau melalui injeksi langsung ke kulit.

BACA JUGA: INFOGRAFIS: Kandungan Baik yang Ada di Skin Care

Manfaat Hyaluronic Acid Bagi Kulit

1. Melembapkan kulit

Sebetulnya kandungan HA sudah digunakan dalam produk perawatan kulit sejak lama. Hanya saja saat ini produk-produk skincare semakin marak memanfaatkan kandungan bahan ini. Fungsinya yang utama yaitu untuk melembapkan kulit. Formula HA bersifat mudah menyerap dan mempertahankan kelembapan kulit lebih lama. Penggunaan skincare mengandung HA membuat kulit lebih kenyal, lembut,  dan terlihat lebih cerah.

2. Sebagai anti-aging

Hyaluronic acid banyak terkandung pada produk perawatan kulit kering maupun anti aging. Di Jepang, HA sejak lama dipercaya menjadi rahasia awet muda karena kemampuannya meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta mengencangkan wajah.

3. Anti-inflamasi

HA juga memiliki fungsi pereda inflamasi, membantu proses penyembuhan luka dan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.

4. Sesuai untuk jenis kulit apapun

HA bisa digunakan untuk semua jenis kulit dan segala jenis usia, sejak usia remaja sekalipun, termasuk  bagi mereka yang memiliki jenis kulit sensitif.

5. Membantu menyamarkan noda kehitaman bekas jerawat

Manfaat lain HA yaitu bisa membantu menyamarkan noda kehitaman seperti bekas jerawat pada kulit wajah. Namun berhati-hatilah bila jerawat Anda meradang, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit Anda terlebih dahulu untuk menghentikan proses peradangannya.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba hyaluronic acid?

BACA JUGA: 

Jangan Asal Pilih Produk Pencerah Wajah. Pilih Yang Mengandung Bahan Alami

Waspadai 5 Bahan Berbahaya Pada Kosmetik

Ketahui Lebih Jauh Terapi Laser Kulit Untuk Kecantikan

 

Jl. Salemba I No.9, RT.4/RW.6, Kenari, Senen
Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10430