PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


06 December 2017

Ketika Pasangan Positif HIV, Apa Langkah Yang Harus Dilakukan?

Share:

Bila Anda menikah dengan pasangan yang positif HIV dan Anda baru tahu, tentunya Anda cemas. Langkah apa yang harus Anda lakukan?

Lakukan Tes HIV

Bersamaan dengan pasangan Anda dinyatakan HIV positif, maka Anda pun juga harus melakukan tes. Ini untuk mengetahui apakah Anda juga sudah tertular virus tersebut. Ada beberapa tes HIV, tanyakan pada dokter yang mana yang harus Anda lakukan.

Segera kunjungi dokter dan minum ARV

Dokter anda akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk mencari infeksi oportunistik lain, segera dinyatakan anda siap minum obat, anda perlu konsisten minum ARV.

Seks Aman

Jika hasil tes HIV Anda negatif, maka untuk seterusnya selalu lakukan seks yang aman. Ini artinya Anda harus menggunakan proteksi seperti kondom. Kondom yang digunakan pria (eksternal) dan wanita (internal) ini biasanya berbahan lateks dan poliuretan yang mencegah cairan dari pasangan memasuki tubuh pasangannya. Sejauh ini, kondom jenis ini merupakan salah satu cara teraman.

Temani Pasangan untuk Mendapatkan Perawatan yang Tepat

Bagaimana pun, ia adalah pasangan Anda yang sangat Anda cintai. Bagi mereka yang positif HIV kebanyakan mengalami penurunan semangat hidup. Yakinkan padanya bahwa pengidap HIV juga bisa hidup dengan optimal. Semangati pasangan untuk tidakbosan melakukan check up, dampingi saat melakukan terapi antiretroviral, dan ingatkan agar tak lupa meminum obatnya secara teratur.