PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


29 September 2017

Pria Hati-Hati, Gatal di Area Selangkangan Bisa Karena Hal Ini!

Share:

Merasa gatal di daerah kemaluan memang sungguh tak nyaman. Apa lagi bila rasa gatal tersebut sangat terasa ketika di depan umum. Mau menggaruk malu rasanya. Terutama bila rasa gatal tersebut dirasa berkepanjangan. Segeralah cari penyebabnya, agar bisa cepat diatasi.

Mengapa daerah selangkangan gatal?

Pada pria, ruam atau gatal yang terasa di daerah selangkangan, umumnya melibatkan paha bagian dalam dan kulit yang berdekatan, termasuk skrotum, dapat disebabkan oleh keringat, gesekan kulit dengan kain, atau bisa juga karena kulit dan kulit saling bergesekan (misal pada orang yang mengalami kegemukan).

Ruam yang muncul dapat memengaruhi tidak hanya pangkal paha, tapi bisa melibatkan area kulit yang tumpang tindih, termasuk di sekitar anus dan lipatan kulit pada mereka yang obesitas.

 

Faktor jamur atau mikroorganisme adalah yang utama

Tinea kruris, paling umum dikenal sebagai kondisi selangkangan pria yang gatal. Kondisi ini disebabkan infeksi jamur pada kulit. Jamur mikroskopis ini hidup secara alami pada kulit serta pada rambut dan kuku. Mereka biasanya tidak berbahaya, tapi bisa berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan infeksi ketika mereka dibiarkan tumbuh subur di daerah yang hangat dan lembap. Inilah sebabnya mengapa ruam dan gatal biasanya lebih sering berkembang di kulit sekitar pangkal paha, paha bagian dalam, dan bokong. Tak jarang pula menyerang skrotum atau buah zakar.

Infeksi ini menyebabkan ruam yang sering gatal atau terlihat seperti luka bakar dan daerah yang terkena juga bisa merah, atau bersisik. Meskipun sangat mengganggu, biasanya ini tergolong infeksi ringan. Mengobati dengan cepat akan meminimalkan gejala dan menjaga agar infeksi tidak menyebar.

 

Gejala gatal di selangkangan karena jamur

Berikut beberapa gejala gatal di kemaluan karena infeksi jamur:

  • Terdapat kemerahan di area yang terinfeksi
  • Gatal terus menerus di daerah tersebut terutama bila berkeringat
  • Terasa ada sensasi terbakar di area yang terinfeksi bila sering digaruk
  • Kulit di area tersebut mengelupas, atau membelah.
  • Ruam memburuk saat berolahraga atau beraktivitas
  • Terjadi perubahan warna kulit
  • Ruam tidak membaik atau bahkan memburuk atau menyebar padahal sudah mendapatkan perawatan dengan krim hidrokortison (anti gatal).
     

Cara mengatasi gatal di daerah kemaluan

Dalam banyak kasus, pertolongan pertama untuk gatal di area selangka ini bisa dilakukan di rumah secara efektif. Anda dapat mencoba solusi berikut untuk mengatasi infeksi:

  1. Oleskan krim antijamur yang biasa dijual bebas di apotek. Bisa juga yang berbentuk bedak atau spray.
  2. Cuci daerah yang terkena secara menyeluruh dengan sabun dan air hangat.
  3. Keringkan area yang terinfeksi secara menyeluruh setelah mandi dan berolahraga.
  4. Ganti pakaian dan pakaian dalam setiap hari. Bila banyak berkeringat, boleh ganti beberapa kali dalam sehari.
  5. Pakailah pakaian katun longgar.
  6. Segeralah ke dokter bila gejala terus berlanjut padahal sudah dilakukan pertolongan pertama seperti tersebut di atas.