PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


6 November 2018 | 17:35 WIB

Begini Cara Memilih Produk Perawatan Kulit untuk Penderita Psoriasis

Share:

Bagi Anda atau anggota keluarga yang sudah didiagnosis mengidap Psoriasis, tentu harus ekstra hati-hati dalam memilih produk perawatan kulit. Salah pilih membuat psoriasis bisa tambah parah. Dalam memilih shampo, lotion, dan pembersih wajah misalnya, sebaiknya memiliki kandungan yang dapat mengendalikan gejala psoriasis serta dapat menenangkan kulit.  

Psoriasis merupakan penyakit autoimun kronis yang menyebabkan sel menumpuk dengan cepat di permukaan kulit, meninggalkan bercak merah, meradang, bersisik tebal. Anda dapat membaca gejalanya di sini (link ke gejala psoriasis)

BACA JUGA: Cara Mengenali Gejala Psoriasis

Hingga saat ini, Psoriasis belum bisa disembuhkan. Namun, untuk mengendalikannya ada obat-obatan yang diresepkan (baik oral maupun topikal), terapi  sinar, dan suplemen vitamin D. Selain itu penderita Psoriasis dapat memilih produk perawatan kulit yang dijual bebas, namun tentunya dengan aturan yang disarankan oleh dokter spesialis kulit seperti berikut ini:


Berlabel untuk kulit sensitif

Pasien  psoriasis dapat memilih rangkaian perawatan kulit, termasuk sabun mandi yang diberi label untuk kulit sensitif dan kering. Namun, hindari untuk terlalu sering mandi. Dan saat aplikasi sabun untuk tubuh, hindari penggunaan loofah, spons, dan sebaiknya tidak terlalu sering melakukan scrubs pada kulit. Hal ini penting untuk menghindarkan kulit dari trauma akibat gosokan, yang dapat memicu timbulnya kelainan kulit.

Pilih berbahan dasar minyak

Kandungan minyak pada produk perawatan kulit biasanya menggunakan sedikit bahan kimia, karena terbuat dari bahan alami. Bahan dasar minyak dapat membuat kulit lembut dan terhidrasi dengan baik.

Memiliki kandungan pelembap yang baik  

Penting untuk penderita psoriasis memilih produk perawatan kulit yang kaya akan kandungan pelembap yang baik sehingga membantu melindungi   dan memperbaiki fungsi kulit.

Asam salisilat dan Tar

Terutama untuk mereka yang psoriasisnya banyak muncul di kepala, pilih shampoo dengan kandungan asam salisilat atau tar. Kedua kandungan ini membantu kulit di area psoriasis mengelupas dengan baik serta lembut. Namun, berhati-hatilah dan tetap konsultasikan pada dokter SpKK  pada penggunaannya, untuk menghindari pengelupasan kulit yang berlebihan.

Bebas bahan kimia iritan

Usahakan  produk perawatan kulit untuk penderita Psoriasis seminimal mungkin mengandung bahan kimia yang mudah menyebabkan iritasi  seperti alkohol, sulfate, atau paraben atau bahkan parfum.

BACA JUGA: Begini Penanganan Psoriasis


 

Jl. Salemba I No.9, RT.4/RW.6, Kenari, Senen
Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10430