PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


Volume 45, Nomor 1 | January 2018

Tata Laksana Berbagai Kasus di Bidang Dermatologi

Share:

Dalam MDVI edisi satu terdapat 10 makalah dengan topik yang sangat beragam. Berbagai temuan dikemukakan, seperti patogenesis atau keterlibatan organ pada satu penyakit, atau keberhasilan pengobatan. Psoriasis vulgaris misalnya, merupakan salah satu penyakit kulit kronis yang melibatkan proses biokimiawi, imunologik, kelainan vaskular dan sistem saraf. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menelaah keterlibatan berbagai organ pada penyakit tersebut. Salah satunya ialah keterlibatan saraf yang dapat diukur melalui brain derived neurotrophic factor (BDNF). Selain itu, dikemukakan pula keberhasilan pengobatan sebuah kasus psoriasis pustulosa generalisata yang disertai pemphigus foliaseus, dengan kombinasi terapi metotreksat dan azatioprin. Sebuah pengalaman yang dapat memperkaya wawasan tentang psoriasis.

Laporan keberhasilan pengobatan pada kasus yang lain ialah pemberian kombinasi salap klobetasol propionat 0,05% diserai tablet dapson setiap hari pada kasus acrodermatitis continua of Hallopeau. Respons pengobatan yang baik ini tampaknya perlu dipelajari lebih lanjut, mengingat kasus tersebut sulit diobati.

Tumor dan bedah kulit juga merupakan bidang keilmuan yang maju dengan pesat, dengan semakin banyaknya laporan-laporan kasus, seperti ditemukannya metastasis keganasan organ dalam pada kulit yang secara klinis sulit didiagnosis. Dalam bedah kulit, juga ditemukan faktor-faktor yang berpengaruh pada penyembuhan luka, berkaitan dengan kadar estradiol serum. Dengan demikian, fase bleeding dalam siklus menstruasi perlu dipertimbangkan dalam bedah elektif agar diperoleh penyembuhan yang baik. Intralipoterapi merupakan yang perlu disimak dan dipelajari pemanfaatannya. Asam empedu sekunder deoksikolat (DK) yang digunakan pada intralipoterapi ini terbukti menyebabkan terbentuknya jaringan fibrotik.

Dengan konsentrasi rendah, cara ini merupakan pilihan terapi yang relatif aman dan efektif untuk mengurangi akumulasi lemak lokalisata yang tidak diinginkan.

Semoga artikel-artikel yang dimuat dalam MDVI edisi ini bermanfaat bagi pembaca.

 

Sri Linuwih SW Menaldi

Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin

FKUI/RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta

Info! Silahkan login(dokter) untuk download full edition.

Jl. Salemba I No.9, RT.4/RW.6, Kenari, Senen
Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10430