PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


Volume 44, Nomor 3 | July 2017

Berbagai Tantangan Di Bidang Dermatologi Umum

Share:

Di era sekarang, di mana terdapat perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang sangat pesat, dapat pula dirasakan di bidang dermatologi, termasuk di Indonesia. Berbagai temuan dalam patofisiologi penyakit, cara atau alat diagnostik baru, juga modalitas terapi maupun obat telah diteliti, dibahas serta disebarluaskan. Akan tetapi, tak dapat dipungkiri, masih ada masalah-masalah berkaitan dengan kelainan-kelainan atau penyakit-penyakit yang sejatinya sudah sejak dahulu banyak ditemui dalam praktek sehari-hari, misalnya skabies, dandruff, pruritus pada geriatri dan sebagainya.

Skabies, suatu penyakit kulit dikarenakan infestasi parasit, telah menjadi problem di masyarakat sejak dahulu hingga sekarang. Akibat langsung dari penyakit ini adalah rasa gatal yang sangat mengganggu, sehingga pasien menggaruk, menyebabkan terjadinya infeksi sekunder mulai dari yang ringan hingga parah, seperti sepsis bahkan kematian. Upaya pencegahan masih menjadi tantangan, dikarenakan tingginya tingkat reinfestasi yang dapat terjadi melalui masyarakat sekitar serta kontak serumah. Terlebih lagi dengan makin meningkatnya individu-individu yang mengalami imunosupresi, termasuk pasien diabetes, infeksi HIV, penyakit autoimun, serta makin bertambahnya penduduk usia lanjut, di mana dapat terjadi suatu bentuk parah dari skabies yang disebut dengan skabies Norwegian atau skabies berkrusta, yang jauh lebih sulit pengobatannya. Maka masih diperlukan kerja keras dalam hal edukasi guna mencegah terjadinya penyakit ini. Penelitian menunjukkan bahwa untuk pengobatan skabies secara topikal, permethrin merupakan agen yang paling bisa diandalkan, namun akhir-akhir ini mulai ditemui adanya resistensi. Sehingga perlu dipikirkan alternatif pengobatan termasuk secara oral. Ivermectin, salah satu obat oral yang diindikasikan untuk skabies, belum tersedia secara luas, bahkan di banyak negara belum disetujui. Oleh karenanya, masih perlu diupayakan mencari alternatif pengobatan skabies secara oral.

Dandruff dan dermatitis seboroik, merupakan masalah dermatologi yang umum, mengenai area seboroik. Kedua kelainan tersebut dianggap memiliki kondisi dasar yang serupa, hal ini dikarenakan mempunyai banyak kesamaan gambaran serta berespons terhadap pengobatan yang sama. Hanya berbeda dalam derajat keparahan serta lokasi. Dandruff hanya terbatas pada kulit kepala, menimbulkan gatal dan serpihan kulit tanpa tanda inflamasi yang jelas, namun sisik atau serpihan tersebut bias sangat mengganggu karena memberi kesan kotor. Sebagai akibatnya, banyak pasien kehilangan kepercayaan diri yang membuat terganggunya kualitas hidup.

Saat ini, dengan membaiknya kondisi sosial ekonomi di negara kita, angka harapan hidup makin memanjang, sehingga bertambah banyak individu berusia lanjut. Hal ini memberikan masalah tersendiri dalam bidang kesehatan, termasuk kulit. Hal ini dikarenakan kondisi kulit orang tua atau geriatrik berbeda dengan usia muda. Salah satu problem yang sering diutarakan adalah rasa gatal atau pruritus, yang bisa berdampak pada kualitas tidur dan kualitas hidup pasien geriatri. Pruritus pada geriatri bisa dipicu oleh sejumlah kelainan kulit, sistemik atau neurologik atau kondisi psikogenik. Untuk menentukan etiologinya, acap kali merupakan tantangan, mengingat begitu banyak yang bias menjadi pemicu, ditambah dengan adanya berbagai komorbiditas yang bisa didapatkan pada pasien geriatri. Pengobatan yang diberikan juga harus dipilih secara sangat berhati-hati, dengan mempertimbangkan adanya polifarmasi, keterbatasan kognitif serta potensi timbulnya efek yang tak diharapkan. Semoga tulisan dalam bentuk tinjauan pustaka, hasil penelitian maupun laporan kasus pada edisi ini dapat berguna sebagai penambah ilmu bagi Sejawat sekalian. Sawitri Departemen/SMF Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FK UNAIR/ RSU Dr. Soetomo Surabaya

Info! Silahkan login(dokter) untuk download full edition.