PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


E-Consultation

  • Gatal2 di area testis dan selangkangan
    27 Dec 2017 | 14:22
    Assalamu'alaikum dok
    Pertama saya sedikit cerita, sesuai dengan subyek yang saya tulis, saya mengalami gatal2 si area testis dan selangkangan, tapi itu tidak melulu saya alami, kataknlah disaat saya beraktivitas, lalu berkeringat, dan CD saya yg mungkin terlalu ketat, atau disaat malam hari, gatal nya sering datang.
    Itu saya rasakan/alami sekitar 5 taun lalu. Sbnarnya saya juga iseng tanya2 pada kawan saya, apakah mereka permah mengalami apa yang saya alami, trnyata beberapa dan kebanyakan juga mengalami dengan alasan yg sama seperti saya.
    Tapi di testis saya ada sepeti benjol2 kecil seperti bekas mata ikan (?), saya gatau cara mendeskripsikan nya, cuma ada kaya benjolan kecil2 berjumlah 8-9 gitu (saya tidak tahu apakah teman2 saya juga memilki benjolan2 kecil sperti itu

    Lalu sekitar 6 bulan lalu saya datang ke SpKK di daerah saya (Kota Kebumen, Jawa tengah), disana saya diperiksa sekitar 5 menit dan dokter yg memeriksa saya hanya melihat dengan senter dan disentuh utk melihat kondisi nya.

    Dokternya bilang gatal saya bisa disebbkan karna ada nya jamur atau apa saya lupa, yg disebabkan karna keringat sama kelembaban, akhirnya saya diberi obat bentuk salep yang di oleskan tiap sehabis mandi, jujur dengan salep itu saya mendingan, gatal2 sudah lama-lama hilang, namun karna kesibukan saya sebagai mahasiswa, saya kadang todak sempat utk melakukan treatment itu tadi, jadi saya sekarang kadang masih suka gatal2

    Pertantaan saya, apa yg terjadi dengan kondisi kulit saya itu?
    Terima kasih sudah berkenan membaca keluhan saya, jawaban dokter akan saya tunggu
    Sekali lagi terima kasih
    Wassalamu'alaikum
  • 5 Jan 2018 | 13:14

    Waalaikumsalam Warrohmahtullah Wabarrokatuh,

    Keluhan yang dialami sudah lama dan kambuhan. Berhenti memakai obat pasti karena sudah dirasa membaik, walau kemudian timbul lagi. Benar sekali bahwa keluhan di area testis dan sela paha umumnya karena lembab dan memakai pakaian ketat juga berlapis-lapis (misalnya pakai celana dalam, lalu celana pendek dan diluarnya memakai celana panjang lagi atau celana olah raga). Kelainan bisa membaik bila penyebab tersebut dihilangkan, dan upayakan tidak digaruk karena akan memperparah penyakit yang ada. Bila gatal maka disarankan untuk dipijat saja atau di tekan diarea diluar bercak gatalnya. Jangan memakai minyak pemanas ( minyak kayu putih, balsem dll) dan jangan juga disiram air hangat atau digosok dengan kain kasar. Bila hal tersebut dilakukan maka keluhan umumnya membaik dan tidak kambuh kembali.

    Bintil di testis bisa karena sakit kulitnya sudah lama (bintil atau tonjolan kecil sebesar jarum pentul atau biji jagung dan sewarna kulit?) atau bisa juga karena penyakit skabies yaitu penyakit yang umum diderita pada anak dan dewasa khususnya bila tinggal bersama sama di asrama, atau bila ada riwayat anggota keluarga lain yang gatal. Gatal khas terutama malam hari. Bila skabies, maka pengobatan dengan anti skabies yang dioleskan seluruh tubuh dan dilakukan bersama dengan seluruh keluarga .

    Mengingat keluhan sudah lama, saran saya anda berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat dan perhatikan kesehatan tubuh ya.

    Selamat berobat dan semoga terus sehat,


    salam


    Salam,
    DR. Dr. Sandra Widaty Sp.KK(K), FINSDV, FAADV