PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


E-Consultation

  • Gatal di area sensitive
    4 Jan 2018 | 00:22
    Assalamualaikum dok , saya mau bertanya kenapa setiap nahan kencing kok missV sering gatal dan kadang juga tanpa alasan juga gatal dok . mohon jawabannya .. terimakasih
    wassalamualaikum
  • 5 Jan 2018 | 13:26

    Waalaikum salam Wr Wb,

    Gatal di area genital atau kelamin memang bisa dikeluhkan oleh wanita dari segala golongan umur, namun terutama terjadi pada dewasa muda karena terkait faktor hormon dan kesibukan sehari -hari. Gatal bisa disertai keputihan yang banyak atau sedikit atau bisa juga karena ada kelainan kulit di sekitar sela paha yang meluas ke arah genital.

    Gatal karena menahan kencing atau tiba2 dan tanpa disertai adanya kelainan kulit, biasanya disebabkan adanya jamur. Terdapat jamur yang hidup normal di area genital yaitu jamur Candida spesies. Jamur ini akan berkembang bila ada ketidak seimbangan keasaman di area kelamin atau karena pengaruh hormonal kita, sehingga bisa juga rasa gatal terjadi saat menjelang menstruasi atau sesudahnya.

    Karena jamur tersebut normal adanya, maka dengan mengupayakan mengembalikan kesehatan genital, biasanya penyakit akan hilang sendirinya. Upayakan menjaga kebersihan, jangan lembab, jangan memakai pakaian ketat dan hidup sehat (istirahat cukup, makanan dan minum terjaga).

    Jangan sembarangan memakai obat bebas yang dijual di pasaran karena kelainan ini khususnya terjadi di area genital.

    Bila belum membaik, silakan berobat ke dr spesialis kulit dan kelamin terdekat ya,
    Miss V yang sehat menunjukan anda orang yang sehat dan bersih....


    Salam


    Salam,
    DR. Dr. Sandra Widaty Sp.KK(K), FINSDV, FAADV