PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


E-Consultation

  • Bercak Merah Pada Kulit dan Terasa Gatal
    24 Dec 2017 | 23:51
    Mau tanya Dok, lebih dari 1 tahun terakhir saya mengalami perubahahan pada kulit. Ditandai dengan bercak merah (terutama pada saat terkena terik). Pada awalnya untuk bagian lengan bercak merah dan semakin lama berubah seperti penyakit panu. Tapi saat ini alhamdulillah mulai berkurang. Sementara itu pada bagian belakang tubuh hingga perut terasa gatal dan kulit seakan terkelupas dan sangat gatal saat terkena terik matahari dan saat berkeringat.
    Terima kasih sebelumnya Dok.
  • 5 Jan 2018 | 12:59

    Saya memperhatikan bahwa penyakit ini sudah diderita selama setahun terakhir, cukup lama ya. Sepertinya ada dua penyakit yang berbeda, keluhan pertama adalah gatal dan bercak merah di lengan (seperti panu? bersisik?). Ini bisa benar panu atau bukan. Panu memang bisa membaik sendiri karena panu itu disebabkan oleh berkembangnya jamur Malassezia spp ( yang normal hidup di kulit) yang tumbuh pesat karena lengan sering lembab oleh keringat/air dan tertutup pakaian (lengan panjang/jaket). Pada saat kita berhasil membuat kulit kita selalu bersih (sering mencuci lengan, tidak lembab dan selalu kering) maka panu bisa membaik. lanjutan pola hidup sehat dan bersih agar penyakit tidak kambuh kembali.

    Kelainan kedua yang dibadan, bercak yang gatal dan terkelupas terutama bila terkena terik matahari atau berkeringat memang bisa merupakan penyakit kulit akibat paparan sinar matahari. Penting mengupayakan tidak berpanas matahari/tidak banyak keringat atau upayakan mengganti pakaian bila berkeringat, gunakan sabun berpelembab (sabun bayi atau sabun mandi berpelembab) dan bisa juga memakai krim pendingin (soothing cream) atau bedak.

    Mengingat penyakit sudah satu tahun, maka bila upaya diatas belum membantu, silakan berobat ke dr spesialis kulit dan kelamin ya, sehingga penyakit ini tidak mengganggu produktifitas anda sehari hari,


    salam


    Salam,
    DR. Dr. Sandra Widaty Sp.KK(K), FINSDV, FAADV

Jl. Salemba I No.9, RT.4/RW.6, Kenari, Senen
Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10430