PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


E-Consultation

  • Tanda lahir pada anak
    24 Aug 2018 | 11:46 WIB
    Selamat pago.
    Dok, anak saya saat ini berusia 2.5tahun dan memiliki tanda lahir yang cukup besar dibagian paha kanan. Teksurnya berbulu berwarna hitam dan ada beberapa bagian yang agak menonjol. Apakah itu sejenis melanoma? Apakah harus dilakukan pembedahan. Saya sudah pernah konsul dengan dokter spesialis kulit ternama di bandar lampung beliau sudah profesor akan tetapi beliau mengatakan tanda lahir tersebut tidak berbahaya. Tetapi saya sebagai ortu khawatir. Mohon masukkannya dok,jika diperlukan pembedahan, diusia berapa yang baik dan apakah bisa hilang tanda lahirnya seperti kulit normal?. Terimakasih.
  • 7 Sep 2018 | 09:29 WIB

    selamat pagi mbak Anom,

    tanda lahir pada anak anak usia 2,5 tahun pada paha kanan yang cukup besar dan berwarna hitam dengan terdapat bulu itu biasanya memang berupa tahi lalat besar (Giant Congenital Melanocytic Nevus) dan bukan melanoma.
    Untuk kelainan ini secara statistik 90-95% memang tidak berbahaya, namun saya harus menginformasikan bahwa 5-10% dapat berhubungan dengan neurocutaneous melanocytosis ( pigment cells pada otak atau batang otak) dan ditandai dengan gejala neurologis.
    Berita kurang baik nya, kelainan ini meningkatkan risiko untuk berkembang menjadi melanoma atau keganasan kulit, terutama apabila lokasi nya di punggung dekat tulang belakang atau berjumlah multipel (banyak) berupa lesi kecil di sekitarnya (satellites).

    untuk pembedahan beberapa ahli menyarankan dilakukan sedini mungkin, antara usia 2-7 tahun (saran saya kembali di konsultasikan ke dokter kulit nya ).
    untuk cara menghilangkan dengan bedah biasanya di gunakan tissue expander dahulu untuk membuat kulit pengganti agar bisa menutup lesi kulit yang akan di buang ( biasa di kerjakan bertahap tergantung besar ukuran nevus ). semua pembedahan pasti ada bekas scar namun dengan dokter yang baik bisa diusahakan bekas nya seminimal mungkin.

    semoga jawaban saya bisa membantu,
    apabila ibu masih kuatir dapat berkonsultasi kembali,

    Terima kasih.


    Salam,
    Dr. Heru Nugraha, Sp.KK

Jl. Salemba I No.9, RT.4/RW.6, Kenari, Senen
Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10430