PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


E-Consultation

  • Dermatitis atopik
    27 Jul 2018 | 13:35
    Siang dok.bayi saya usia 4bln. Sejak usia 3bln mulai mengalami atopik dermatitis pd wajah dan badan. Sdh pernah diberikan obat desonide cream, mometason+as.saliisilat. dalam 2hr sembuh. Tp krg lbh 2minggu dermatitisnya kambuh lg. Untuk perawatan sdh diberikan noroid lotion dan sabun mandi pake yg batangan. Saya mau tanya, apakah setiap kambuh, lalu diberikan krim steroid tidak apa2?terima kasih sebelumnya.
  • 7 Sep 2018 | 08:52

    pagi mbak christine,

    maaf atas keterlambatan saya membalas konsultasi ini ya..
    anak anda mengalami dermatitis atopik dan dokter juga sudah memberikan obat nya.
    perawatan harian pada anak dengan atopik sangat penting.
    mulai dari mandi dengan air biasa (bukan air panas atau terlalu hangat), tidak boleh lama waktu mandi nya ( 5- 10 menit), dan sabun yang di gunakan sabun berpelembab dan usahakan menghindari sabun antiseptik yang cenderung membuat kulit lebih kering.
    pemberian pelembab (dalam hal ini noroid) sudah tepat. pemberian pelembab sebisa mungkin segera setelah mandi, dalam keadaan kulit masih lembab, sehingga kadar air di dalam kulit bisa dipertahankan lebih lama.
    untuk kambuh, apabila kambuh dapat di gunakan obat krim steroid yang di berikan, selama tidak digunakan dalam jangka waktu lama (lebih dari 2 minggu) masih dapat di katakan cukup aman. saat ini ada obat lain untuk dermatitis atopik yaitu tacrolimus, apabila anda merasa kuatir dengan penggunaan steroid berkepanjangan.

    semoga jawaban saya dapat membantu,

    Terima kasih


    Salam,
    Dr. Heru Nugraha, Sp.KK

Jl. Salemba I No.9, RT.4/RW.6, Kenari, Senen
Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10430