PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


E-Consultation

  • Gatal di kulit dan sekitar vagina
    2 Jul 2018 | 11:01
    Siang dok..saya sdg menjalani pengobatan tbc. Dan saya trnyata alergi thd sluruh obat tbc itu. Sejak sy mulai pengobatan..kulit saya merah n ruam..jg bengkak di wajah. Miss v juga hampir tiap hari gatal yg tdk tertahankan smp sy tdk pakai cd dok. Apa ini efek obat atau apa dok sdgkn sy tdk keputihan n tdk berbau vaginax. Mohon penjelasan bgmn agar gatal2 hilang semua baik di miss v juga di seluruh badan dok. Krn klo gatal tdk hilang juga..sy gbs melanjutkan pengobatann tbc saya
  • 11 Jul 2018 | 09:47

    Selamat pagi..Berdasarkan riawyat yang saudari jelaskan, bila memang telah terjadi alergi terhadap seluruh obat TBC maka gejala alergi tsb termasuk gatal dapat mengenai seluruh tubuh termasuk miss V. Untuk itu penanganan yang utama adalah dengan menghentikan obat yang dicurigai menjadi penyebab (obat anti tuberkulosis). Untuk pengobatan TBC, dapat diberikan alternatif obat lain. Untuk menegakkan diagnosis alergi obat sebaiknya dilakukan uji provokasi obat secara per oral. Kami sarankan saudari berkonsultasi dengan dr. SpKK di rumah sakit.


    Salam,
    DR. Dr. Oki Suwarsa, Sp.KK(K), M.Kes

Jl. Salemba I No.9, RT.4/RW.6, Kenari, Senen
Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10430