PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


E-Consultation

  • Bintil2 merah di labia minor
    24 May 2018 | 23:53
    Saya baru menikah 5 bulan. Suatu hari saya merasakan gatal luar biasa di ms.V yg didiagnosa jamur. Diberi antibiotik dan cetirize hydrochloride. Tiga minggu kemudian ketika hendak campur, suami saya melihat ada bintil2 merah di Ms. V saya Dan says merasakan gatal 2 Hari setelah campur, diikuti cairan putih susu encer yg tidak berbau. Saya lanjutkan minum cetirizine hydrochloride selama 2 Hari. Keluhan itu hilang sampai skrg sudah sekitar 1,5 bulan.
    Kemarin setelah saya haid, say merasakan gatal lagi. Saya cek ada keputihan bening, gatal yg yg rasakan lebih2 pada bintil2 di labia minor itu. Setelah saya bersihkan (agak digosok krn gatal) saya merasakan perih di ms.v saya apalagi ketika berkemih. Sbenarnya bintil2 itu apa dok? Saat campur dg suami saya suka merasa perih klo sudah terlalu lama bercampur. Bila dipaksakan lama2 jadi kebas dan perih sekali ketika berkemih.
    Bila harus periksa,bisa rekomendasikan spkk wanita di jambi atau palembang. Trims
  • 5 Jun 2018 | 13:25

    Selamat siang
    Keputihan merupakan kondisi yang paling sering dikeluhkan wanita dewasa terutama yang sudah menikah. Keputihan bisa disebabkan oleh jamur, bakteri, atau parasit. Keputihan yang disertai rasa gatal biasanya disebabkan oleh jamur. Gejala infeksi jamur dapat pula dijumpai adanya bintil bintil dan peradangan. Rasa nyeri muncul jika sering digaruk. Pada saat campur dengan suami akan menimbulkan rasa tidak nyaman karena adanya peradangan. Untuk memastikan penyakit anda, silakan memeriksakan diri ke Rumah Sakit yang ada di kota Jambi atau Palembang.
    Salam


    Salam,
    DR. Dr. Satiti Retno Pudjiati Sp.KK(K)

Jl. Salemba I No.9, RT.4/RW.6, Kenari, Senen
Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10430