PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


E-Consultation

  • Eritroderma
    5 Apr 2018 | 17:07
    maaf dok sebelumnya,ibu saya sakit eritroderma sudah 7 bulan ini,saya mau tanya kenapa setiap jam 3 sore sampai menjelang subuh ibu saya mengeluh panas,dingin,dan gatal?sedangkan di waktu pagi keluhannya langsung hilang..apa yg harus kita lakukan kalau keluhan itu datang lagi?
    Apakah eritroderma bisa sembuh?kata dokter disini ada obat eritroderma tapi dari luar negeri sayangnya pabriknya sudah tutup, obat apakah itu dok?terima kasih atas jawabannya.
  • 12 Apr 2018 | 08:30

    Selamat pagi,
    Kelainan kulit yang luas pada eritroderma disertai lepasnya sel-sel kulit memang dapat menyebabkan pasien merasa demam dan panas dingin. Hal ini terjadi karena fungsi perlindungan kulit terhadap suhu di luar menjadi tidak optimal. Kulit yang mengering dan bersisik pun menimbulkan rasa gatal, selain karena proses penyakitnya sendiri. Oleh sebab itulah, hal utama yang harus diperhatikan saat merawatnya, pastikan pasien melindungi tubuhnya dengan pakaian yang menghangatkan dengan bahan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Saat tidur, gunakan selimut untuk menghangatkan. Tetap mandi sehari 2 kali dan oleskan pelembab sesudahnya agar kulit terhindar dari kekeringan berlebihan yang menyebabkan rasa gatal makin hebat. Pilih sabun mandi dan pelembab berlabel kadar pelembab yang tinggi yang dapat diperoleh di apotek atau toko obat terdekat. Konsultasikan kembali dengan dokter spesialis kulit anda untuk memastikan penyebab eritroderma yang dialami. Penyembuhan penyakit ini tergantung pula pada penyebabnya. Sebagai gambaran, eritroderma paling banyak disebabkan oleh penyakit kulit lainnya terutama yang bersifat kronik atau berlangsung terus menerus, selain itu dapat pula disebabkan oleh infeksi, penyakit sistemik di tubuh, atau obat-obatan. Semoga dengan mengetahui lebih jelas kemungkinan penyebabnya, dapat ditemukan solusi untuk pengobatan spesifiknya. Semoga membantu dan semoga ibunda lekas sembuh kembali.


    Salam,
    Dr. Diah Puspitosari Sp.KK