PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


E-Consultation

  • HPV 16
    20 Feb 2018 | 14:19
    Dok, saya mau tanya, apakah HPV16 itu bisa sembuh total? Dimana saya bisa berobat penyembuhan HPV16? Dokter terbaik mana yang bisa menyembuhkan nya?Berapa lama untuk penyembuhan nya? Apakah HPV16 bisa menularkan ke pasangan dan keturunan?
  • 3 Mar 2018 | 22:43

    Halo.
    Sebagai informasi, HPV 16 atau Human Papilloma Virus tipe 16, merupakan salah satu tipe virus penyebab kelainan di anus dan / kelamin yang tergolong dalam HPV high risk (tipe risiko tinggi), berkaitan dengan transformasi menjadi ganas. HPV yang telah berada dalam tubuh tidak bisa dihilangkan, virus ini akan tetap berdiam di dalam tubuh dan bisa menimbulkan keluhan biasanya saat daya tahan tubuh seseorang menurun. Tidak ada pengobatan yang bisa menghilangkan HPV secara total. Seseorang yang terinfeksi HPV dapat menularkan kepada pasangannya terutama melalui hubungan seksual. Ibu hamil yang terinfeksi HPV juga dapat menularkan kepada bayinya saat persalinan, meskipun kemungkinannya kecil.
    Sebaiknya anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat, untuk dapat diperiksa langsung, supaya dapat dilakukan penatalaksanaan yang sesuai.
    Demikian informasinya.
    Salam sehat selalu.


    Salam,
    Dr. Nurdjannah Jane Niode Sp. KK(K). FINSDV, FAADV

Jl. Salemba I No.9, RT.4/RW.6, Kenari, Senen
Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10430