PERDOSKI

PERHIMPUNAN DOKTER SPESIALIS KULIT DAN KELAMIN INDONESIA

Indonesian Society of Dermatology And Venereology (ISDV)


E-Consultation

  • Penyakit GO
    3 Feb 2018 | 07:59
    Hallo dok, Salam sejahtera.

    Saya 3 minggu kebelakang terindikasi GO untuk kedua kalinya. Sebelumnya pertama kali pada tahun 2012 saya ada riwayat penyakit GO dan sembuh. Dengan adanya salinan resep obat terdahulu, saya coba konsumsi kembali, hanya saja dengan dosis MG yg lebih rendah, karena saya konsumsi 7 hari setelah saya mengeluarkan nanah berwarna hijau terang, tetapi kencing belum/tidak sakit. Dengan salinan resep yaitu Cefspan 200mg 2x1 dan benozyt 500mg 2x1.

    Dan saat 1 minggu kebelakang saya coba konsumsi resep dengan cefixime 100mg 2dd1 10tabs dan azythiromicin 500mg 2dd1 10tabs. Hasilnya nanah sudah mulai kering dan kecing tidak sakit, tetapi pas dihari terakhir nanah kembali muncul.

    Saya coba baca semua artikel via website, pengobatan GO tidak boleh dihentikan sebelum 7hari. Hanya saja dengan salinan resep saya terdahulu hanya bertahan 5hari.

    Saya coba jeda konsumsi obat selama 1minggu untuk melihat indikasi lebh lanjut dan ternyata keluar nanah secara intens.

    Maka saya putuskan untuk menaikan dosis sesuai dengan salinan resep yaitu dengan cefixime 200mg dan azithromycin (dosis tetap) 500mg.

    Saya mulai start dr minggu kemarin dengan jadwal yg sama. Hari ini sudah masuk hari ke lima, tp msh saja keluar, terkadang gatal sedikit pada ujung penis, dan sakit sedikit sekali (tidak intens) pada batang penis tetapi tidak sakit pada saat BAK.

    Pertanyaan saya:
    1. Apakah saya msh harus konsumsi obat dengan minimum 7hari?

    2. Ataukah saya konsumsi obat sampai memang betul2 hilang/nanah tidak keluar dengan tanpa ada waktu minimum hari konsumsi obat?

    3. Saya banyak baca pada artikel bahwa GO tidak bisa hilang total. Meskipun sembuh, tetapi bakteri tersebut akan terus ada dlm tubuh. Apakah betul seperti itu?
  • 7 Feb 2018 | 10:07

    Halo.
    Salam sejahtera.

    Sebagai informasi, kencing nanah merupakan salah satu infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri Neisseriae gonorrhoeae, infeksi ini seringkali terjadi bersamaan dengan infeksi bakteri Chlamydia trachomatis. Keduanya mengakibatkan gangguan pada saluran genital laki-laki maupun perempuan. Bisa juga terjadi bersamaan dengan infeksi protozoa Trichomonas vaginalis. Pada keadaan tertentu meskipun sudah diobati untuk infeksi bakterinya, ada kemungkinan keluhan menetap. Hal ini mungkin saja karena kumannya sudah kebal, atau terjadi infeksi baru, atau ada infeksi lain akibat protozoa, dll.

    Apabila tidak diobati dengan tepat, maka penyakit ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi, pada laki-laki antara lain: pembengkakan dan nyeri pada buah zakar serta kemandulan.

    Nah, setelah membaca keterangan tentang riwayat keluhan dan pengobatan yang sudah anda lakukan sendiri, sebaiknya kunjungilah dokter SpKK terdekat atau fasilitas kesehatan yang mempunyai layanan untuk IMS, karena ada hal-hal yang perlu ditanyakan lagi dari riwayat keluhan anda, serta dilakukan pemeriksaan klinis dan bila perlu akan dilakukan pemeriksaan penunjang/laboratorium. Pengobatan akan diberikan setelah diagnosis ditegakkan.
    Apabila mengobati sendiri, jenis obat maupun dosis yang diberikan dapat saja tidak sesuai. Hal ini tentunya memicu timbulnya kekebalan kuman terhadap obat yang diberikan. Kalau terjadi kekebalan, akan lebih repot lagi untuk menentukan pemberian obat alternatif.

    Sebagaimana telah disampaikan di atas, bahwa penyebab kencing nanah adalah bakteri dan atau protozoa, maka bila diobati dengan obat yang tepat dan dosis yang sesuai, penyebabnya dapat diatasi.

    Demikian informasinya.
    Semoga cepat sembuh.


    Salam,
    Dr. Nurdjannah Jane Niode Sp. KK(K). FINSDV, FAADV

  • 8 Feb 2018 | 21:46
    Halo dok, salam sejahtera. Terima kasih banyak atas balasannya. Saya akan segera coba untuk tes lab. Untuk tes lab.nya nanti saya menginformasikan pada lab.nya ingin melakukan tes lab apa ya dok? Untuk dokter praktek SpkK yg bisa saya kunjungi dimana ya untuk daerah bandung ya dok? Mohon informasinya.
  • 10 Feb 2018 | 22:04

    Halo.
    Salam sejahtera selalu.

    Untuk daerah Bandung, anda bisa mengunjungi RS Hasan Sadikin, Bagian/Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin, Divisi Infeksi Menular Seksual (IMS).

    Terima kasih.


    Salam,
    Dr. Nurdjannah Jane Niode Sp. KK(K). FINSDV, FAADV

Jl. Salemba I No.9, RT.4/RW.6, Kenari, Senen
Kota Jakarta Pusat
Daerah Khusus Ibukota Jakarta
10430